Aplikasi Sederhana dengan Laravel PHP (Part 1)

 


Sebelumnya kita telah berkenalan dengan Laravel di SINI. Meskipun saya tidak mendiskripsikan alur instalasinya, saya yakin teman-teman semua bisa mengikuti cara instalasi yang ada pada link disitu.

Setiap memulai belajar suatu bahasa pemrograman maupun framework, hal yang pertama kita pelajari adalah dengan membuat suatu aplikasi yang sangat sederhana yaitu aplikasi "Hello Word". Ini salah satu aplikasi yang saya sukai. :)

Oke, langsung saja kita mulai.


Menampilkan teks "Hello Word" dengan Laravel ada beberapa cara, tapi disini saya hanya membagikan 2 cara. Yaitu melalui route dan controller.
  • Melalui Route
Menampilkan text "Hello Word" dengan cara ini tidaklah membutuhkan file- tambahan, cukup dengan file route.php yang terdapat pada app/route.php. Pertama-tama buka file route.php, kemudian tambahkan route baru seperti ini:
Route::get('hello', function()
{ return "Hello World"; });
Kemudian panggil dengan browser http://localhost/lavaproj/hello, maka text "Hello Word" akan keluar. 
  • Melalui Controller
Untuk menampilkan tulisan ‘Hello World’ melalui controller, pertama-tama buat sebuah route baru pada file route.php seperti ini:
Route::get('hello_control', HelloControl@index);
kemudian, buat file baru pada direktori controller, misalnya dengan nama ‘HelloControl’. Kemudian buat class controller didalam file tersebut seperti berikut ini:

<?php

class HelloControl extends BaseController {

  public function index()
  {
   return "Hello World melalui Controller";
  }

}

?>
Kemudian, melalui web browser buka URL yang mengarah ke route tersebut, yaitu  http://localhost/lavaproj/hello_control . Maka tulisan ‘Hello World melalui Controller’ akan tampil di browser.

Tutorial selanjutnya akan kita bahas lankah-langkah membuat aplikasi CRUD sederhana dengan Laravel.
Selamat Belajar......

Aplikasi Sederhana dengan Laravel PHP (Part 1) 4.5 5 devita mahardika Sebelumnya kita telah berkenalan dengan Laravel di SINI . Meskipun saya tidak mendiskripsikan alur instalasinya, saya yakin teman-teman s...


No comments:

Post a Comment